You are here
Home > Kesehatan > 5 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

5 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan

Berenang untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Olahraga renang memang sudah diketahui manfaatnya untuk kesehatan jantung. Masih banyak yang lain yang dapat anda peroleh dengan rutin saat berenang.

Renang menjadi salah satu jenis olahraga kardio yang bisa anda latih menggunakan otot tubuh dan kekuatan jantung. Tak hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat lainnya yang masih dapat anda peroleh dengan rutin berenang.

Renang menjadi salah satu jenis olahraga kardio yang bisa melatih otot tubuh dan juga kekuatan jantung. Selain berenang yang rutin juga bisa meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh bisa membakar lebih banyak kalori.

Sudah tidak heran jika olahraga renang disarankan sekali untuk anda yag ingin menurunkan berat bedan, terutama untuk anda yang sering menjalai program diet. Masih banyak juga manfaat berenang yang bisa anda peroleh.

Berbagai Manfaat Berenang

Berikut ini kegunaan berenang yang bisa anda peroleh, terutama jika dilakukan dengan rutin:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu kegunaan berenang yang paling populer yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Pada penelitian ini telah menunjukan jika olahraga renang bisa meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh saat menggunakan oksigen.

2. Membangun massa otot

Banyak gerakan pada olahraga renang yang tampak menuntut hampir ke seluruh otot tubuh agar dapat bergerak untuk melawan tekanan pada dalam air. Ini dapat menyebabkan berenang bisa meningkatkan kelenturan pada massa otot tubuh. Berenang yang baik juga dapat dilakukan agar mengecilkan betis dan juga membuatnya baik dilakukan

3. Menurunkan berat badan

Berenang dengan durasi 1 jam bisa membakar 500-650 kalori. Maka itu, berenang dap

4. Mengurangi stres

Stres menjadi kondisi pada umumnya yang hampir dialami oleh setiap orang. Renang dapat menjadi salah satu cara agar dapat mengatasinya. Sebuah penelitian yang mengatakan jika berenang bisa melemaskan otot-otot pada tubuh, maka itu bisa membuat anda akan lebih rileks.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah penelitian yang dilakuakn kepada penderita insomnia yang telah memperlihatkan jika berenang bisa meningkatkan kualitas tidur mereka. Maka itu jika anda sedang alami gangguan tidur anda bisa mencoba berenang untuk tidur yang lebih nyenyak pada malam hari.

Top