You are here
Home > Kesehatan > 5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Wortel menjadi salah satu sayuran yang paling digemari banyak orang. Memiliki kerenyahan dan kelezatan, banyak kegunaan dari wortel untuk kesehatan yang dapat anda dapatkan, mulai untuk menjaga kesehatan mata sampai menurunkan risiko terserang penyakit kanker.

Wortel termasuk kategori umbi-umbian. Pada umumnya Indonesia mengenal wortel dengan warna oranye, untuk warna wortel sendiri memiliki warna kuning, ungu, putih sampai hitam.

Wortel dapat diolah dengan banyak cara, seperti dengan dimakan mentah, kukus, rebus, jus dan dipanggang dapat pula dibuat menjadi bahan campuran camilan contohnya pudding. Air dari perasan dari jus wortel juga dapat anda gunakan untuk pewarna alami untuk mie dan roti agar lebih sehat.

Beragam Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Kandungan gizinya yang berlimpah, banyak beragam manfaat wortel untuk kesehatan yang dapat anda peroleh, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Ini menjadi salah satu manfaat wortel yang paling baik didunia. Wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan mata sebab kandungan vitamin A, lutein dan zeaxanthin. Wortel juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Mengonsumsi wortel dengan rutin juga bisa menurunkan risiko bagi penderita penyakit kanker, yaitu kanker prostat, usus besar dan kanker payudara.

Ini karena wortel merupakan salah satu sumber dari antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan ini bisa melawan efek dari radikal bebas yang berlebih pada tubuh, maka itu bisa menghambat dan mencegah terbentuknya sel-sel dari kanker.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat wortel untuk menurunkan risiko dikarenakan dari penyakit jantung dapat didapatkan dari kandungan kalium, antioksidan dan serat pada sayuran tersebut.

4. Menyehatkan dan Melancarkan Pencernaan

Serat dan air pada wortel yang bisa melancarkan proses untuk pencernaan dan membuat tinja menjadi lebih padat dan lunak, maka itu supaya dapat mencegah dan juga atasi konstipasi.

5. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A, C, Folat dan juga antioksidan di wortel bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, untuk tubuh yang kuat bisa melawan bakteri dan virus yang disebabkan karena penyakit.

Top