You are here
Home > Berita Unik > Menu Terbaik Untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Menu Terbaik Untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Menu Terbaik Untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Puasa di bulan Ramadan mungkin bisa kamu manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. salah satunya adalah dengan mengatur asupan makanan yang sehat saat sahur dan berbuka.

Tapi, menu makanan yang berminyak seperti gorengan sering kali merusak rencana kita. Padahal makanan seperti ini akan menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh jika di konsumsi berlebihan. Kadar gula, lemak jenuh akan meningkat secara signifikan dalam tubuh.

Agar terhindar dari masalah kesehatan di bulan Ramadan, menghindari makanan seperti itu tentu saja menjadi langkah yang paling tepat.

Nah, supaya bisa melupakan gorengan saat makan sahur atau pun berbuka, kamu bisa mengganti menu gorengan dengan makanan-makanan di bawah ini yang di jamin lebih sehat.

1 . Salad

Menu makanan yang pertama ada salad, entah itu salad buah atau salad sayur keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi salad, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral yang di butuhkan oleh tubuh. Kamu juga bisa menggabungkan antara buah dan sayur sesuai selera kamu.

2. Kurma

Kurma adalah salah satu buah yang paling sering di jumpai pada saat bulan Ramadan, buah kurma mengandung banyak manfaat yang di butuhkan oleh tubuh seperti vitamin B6, protein, zat besi, dan masih banyak lagi. Buah kurma bahkan menjadi salah satu buah kesukaan dari Rasulullah.

3. PudingĀ 

Menahan dahaga saat berpuasa bukan lah hal yang mudah. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan dan minuman manis adalah salah satu cara untuk melepas dahaga yang paling nikmat. Salah satu makanan yang paling enak adalah puding. Puding yang di buat sendiri tentu saja jauh lebih sehat dan bebas dari bahan kimia seperti pewarna dan perasa buatan.

4. Oatmeal

Oatmeal juga bisa kamu jadikan menu saat berbuka loh. Oatmeal yang mengandung tinggi karbohidrat kompleks tidak akan membuat gula darah dalam tubuh naik, sehingga bisa terhindar dari Hipertensi, stroke, dan gangguan kesehatan lainnya selama puasa.

5. Kelapa muda

Siapa sih yang bisa menolak kesegaran air kelapa muda saat sudah berbuka puasa? Pastinya tidak ada yang bisa menolak minuman satu ini. Selain menyegarkan tenggorokan, air kelapa juga bisa menjadi minuman elektrolit yang baik untuk tubuh.

Top