You are here
Home > Kesehatan > Mengetahui Cara Kerja Jantung

Mengetahui Cara Kerja Jantung

Jantung merupakan organ yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh agar dapat memasokkan oksigen, agar semua organ dapat berfungsi dengan normal. Jika tidak adanya oksigen maka jaringan pada dalam tubuh akan rusak dan mati. Mari mencoba pahami cara kerja jantung untuk memompa darah dan penyakit apa saja yang bisa menganggu kerja organ tersebut.

Jantung bekerja tanpa adanya henti agar tetap mendukung sistem peredaran darah. Selain jantung pada pusatnya, sistem ini terdiri dari jaringan pembuluh darah, yaitu pembuluh nadi, balik dan kapiler.

Mengetahui Cara Kerja Jantung

Pahami Cara Kerja Jantung

Ada empat ruang jantung yang bersangkutan pada kerjanya jantung agar dapat mendorong darah ke seluruh tubuh. Empat ruangan pada jantung itu merupakan atrium kanan dan kiri pada bagian atas jantung, dan ventrikel kanan dan kiri pada bagian bawah jantung.

Serambi kanan pada jantung yang menerima darah kotor atau yang lebih minim mengandung oksigen pada tubuh, lalu darah kotor yang dialirkan ke bilik kanan. Lalu pada bilik kanan , darah kotor akan dipompa ke paru-paru agar dapat memproses pertukaran karbon dioksida bersama dengan oksigen.

Sesudah itu terjadi pergantian, darah yang telah dilengkapi dengan oksigen yang akan dipompa masuk kembali ke serambi kiri, selanjutnya ke bilik kiri jantung agar dapat dialirkan ke seluruh tubuh dari pembuluh darah besar.

Keempat ruang pada jantung tersebut dipisah jantung, dan akan dilengkapi bersama empat katup. Fungsi dari katup jantung yang ada didalam dapat membantu kerja pada jantung yaitu dapat membenahi arah aliran darah, maka itu darah tidak dapat bersirkulasi kembali ke ruang dari sebelumnya.

Gangguan Kerja Jantung

Gangguan pada jantung yang dapat muncul pada bagian jantung manapun, dimulai dari dinding otot jantung, katub jantung sampai dengan hantaran listrik jantung yang bisa menimbulkan kelainan irama pada jantung. Setiap gangguan pada jantung yang dapat membuat cara kerja jantung disaat sedang memompa darah.

Gangguan yang dapat terjadi ketika pembuluh darah koroner, yaitu pembuluh darah yang dapat memberikan asupan darah dan oksigen ke otot jantung. Pembuluh darah koroner bisa terhalang oleh plak, sehingga aliran darahnya ke otor jantung menjadi terhalang. Kondisini ini yang dikatakan aterosklerosis.

Top