You are here
Home > Kesehatan > Cara Membuat Masker Rambut Alami yang Baik Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Cara Membuat Masker Rambut Alami yang Baik Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Keluhan atau masalah rambut rontok kerap dialami dan rasakan oleh para kaum hawa yang sangat tertarik akan kecantikan, sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang normal jika dalam jumlah yang minim. Jika sudah terjadi kerontokan rambut yang tidak wajar atau terlalu banyak sebaiknya langsung ditangani dengan serius, seperti halnya penggunaan masker rambut agar rambut yang kita miliki tetap terawat dengan baik dan tercukupi nutrisinya.

Berikut merupakan beberapa bahan alami yang cocok dan mudah untuk digunakan sebagai bahan pembuatan masker rambut sendiri, simak artikel dibawah ini:
Cara Membuat Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering dan Rontok

1. Alpukat sebagai anti inflamasi dalam pertumbuhan rambut

Alpukan sendiri dapat digunakan sebagai bahan masker yang digunakan pada rambut karena memiliki banyak kandungan omega 3 dan anti inlamasi, hal ini bertujuan agar membantu mempercepat dalam menumbuhkan rambut baru ketika sudah banyak yang rontok.

Cara pembuatan,
Untuk cara membuat masker rambut dari bahan alpukat pun terbilang sangat simple, yakni:
* 1 buah alupkat matang
* 1 Sdm minyak almond
* 1 Sdm minyak zaitun
* 1/2 cangkir susu

Setelah bahan sudah terkumpul tinggal di blender atau haluskan secara merata lalu oleskan secara merata mulai dari akar hingga ujung rambut, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air biasa dan cara ini bisa dilakukan secara rutin setiap 1 minggu sekali.

2. Lidah buaya untuk membuat rambut berkilau
Siapa yang tidak tahu dengan khasiat lidah buaya untuk urusan kecantikan dan perawatan, manfaat lidah buaya sudah tidak perlu diragukan lagi untuk masalah ketombe dan rambut kusam dan sangat cocok jika diolah menjadi masker rambut.

Cara pembuatan,
Untuk pembuatan masker rambut menggunakan bahan Lidah Buaya juga terbilang mudah, yakni :
* Ambil lidah buaya yang sudah matang lalu pisahkan antara kulit dan dagingnya.
* haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender dan dinginkan di freezer kurang lebih 30 menit.
* Oleskan mulai dari kulit kepala hingga rambut secara merata lalu iringi dengan pijatan lembut pada kulit kepala.
* Tutup dengan handuk hangat dan diamkan selama 20 menit.
* Bilas dan bersihkan menggunakan air biasa.

3. Menggunakan madu sebagai masker rambut agar terawat maksimal
Salah satu solusi paling ampuh dalam mengatasi rambut rontok adalah penggunaan madu sebagai masker rambut, karena nutrisi yang terkandung dalam madu terbilang sangat cocok dalam mengatasi kerontokan yang terjadi pada rambut.

Cara pembuatan,
Untuk mengolah madu agar dapat digunakan sebagai masker rambut terbilang sangat mudah, yakni hanya tinggal mencampurkan 2 Sdm madu dan 1 gelas air hangat yang dicampur secara merata. Lalu kita bisa langsung oleskan dari kulit kepala hingga ke rambut dan akan lebih baik jika dipijat dengan lembuat agar meresap.
Gunakan masker rambut dengan bahan madu ini setelah keramas dan setelah proses pengolesan selesai, biarkan sampai kering dan bilas kembali dengan air hangat.

4. Teh Hijau untuk melindungi rambut dari terik matahari
Antioksidan yang terkandung didalam teh hijau tentu sangat bagus bagi kesehatan pada rambut, teh hijau terbukti dapat mengatasi kerontokan dan melindungi kulit kepala dari panasnya terik matahari.

Cara pembuatan,
Mengolah teh hijau menjadi masker memang sedikit asing, namun tidak ada salahnya mencoba karena memang khasiat yang dihasilkan bisa dikatakan sangat ampuh.
* Masukan 2-3 kantong teh hijau kedalam air mendidih
* Biarkan teh dimasak dan meresap dengan sempurna selama 5 menit
* Jika sudah mulai dingin atau hangat, oleskan di kulit kepala dan rambut secara merata dan diamkan 15 menit
* Setelahnya bisa langsung keramas seperti biasa

 

Top