You are here
Home > Kesehatan > MENSTRUASI

MENSTRUASI

Menstruasi yaitu keluarnya darah pada vagina yang diakibatkan karena siklus bulanan yang dialami para wanita. Siklus ini terjadi dengan alami dan menjadi bagian pada mode organ reproduksi wanita sebagai persiapan kehamilan.

Pada setiap bulannya, organ reproduksi wanita akan menyiapkan kehamilan. Persiapan yang disertai dengan penebalan dinding rahim yang berisikan pembuluh darah. Jika tidak terjadi kehamilan, endometrium akan jatuh dan keluar bersama dengan darah melalui vagina.

Menstruasi pada pertama kalinya dapat datang lebih cepat ataupun lambat. Akan tetapi rata-rata pada siklus menstruasi pertama akan dimulai pada usia 12 tahun, atau 2-3 tahun sesudah payudara tumbuh. Siklus menstruasi itu akan terus berlangsung hingga masuk ke masa menopause.

Fase Menstruasi
6 Kondisi Darah Menstruasi yang Menentukan Kesehatan Wanita

Siklus menstruasi dibagi menjadi empat fase, yaitu:

1. Fase Menstruasi

Fase menstruasi yang telah ditandai dengan jatuhnya dinding rahim yang memiliki isi pembuluh darah dan juga cairan lendir. Proses ini akan dimulai semenjak hari pertama menstruasi dan juga akan berlangsung selama 4-6 hari.

2. Fase Folikular

Pada saat di fase folikular, ovarium yang membentuk folikel yang berisi sel telur yang masih belum matang.

Fase folikular yang pada umumnya akan berlangsung selama 11-27 hari, tergantung pada siklus masing-masing wanita.

3. Fase ovulasi

Fase ovulasi yang terjadi disaat ovarium yang melepaskan sel telur yang telah matang. Sel telur ini yang telah siap dibuahi oleh sperma pada saluran indung telur. Tetapi, ketika tidak dibuahi pada sperma, sel telur akan melebur pada 24 jam sesudah terjadinya fase ovulasi.

4. Fase Luteal

Fase Luteal yang disertai dengan berubahnya sel telur yang menjadi korpus luteum. Pada jaringan ini akan meluruhkan hormon yang akan mempertebal pada dinding rahim. Akan tetapi, ketika tidak dibuahi bersama sperma, korpus luteum juga akan susut dan kembali diserap. Pada akhirnya lapisan rahim akan jatuh selama menstruasi.

Penyebab Menstruasi Tidak Normal

Normalnya, siklus menstruasi akan datang setiap 21-35 hari pada masa menstruasi selama 3-7 hari. Disaat fase menstruasi, wanita akan mengeluarkan darah dengan volume rata-rata yang kurang dari 80 mililiter.

 

Top