You are here
Home > Kesehatan > KESELEO

KESELEO

Keselo merupakan cedera yang terjadi karena ligamen, otot atau jaringan pada ikat yang bisa menghubungkan otot dan pada tulang. Pada kondisi ini pada umumnya terkena pada area yang aktif bergerak, seperti pergelangan kaki atau belakang paha.

Ligamen, otot dan juga tendon yang berfungsi agar bisa menjaga kestabilan pergerakan. Disaat kondisi keseleo, menjadi salah satu mungkin jika ketiganya sedang mengalami peregangan yang berlebihan atau hingga robekan. Yang mengakibatkan gerakan menjadi terbatas dan kurang stabil.

Keselo bisa menimbulakn gejala yang beraneka ragam, tergantung pada tingkat keparahannya. Keseleo ringan yang biasanya hanya membuat sedikit rasa nyeri dan tidak mengganggu pada pergerakan, jika keseleo yang parah bisa membuat rasa nyeri sampai mati rasa, dan bisa mengusik pergerakan.

Penyebab Keseleo
RICE, Cara Benar Mengobati Keseleo | Orami

Penyebab dari keseleo yaitu mereganya ligamen, otot dan tendon yang berlebihan. Keseleo pada umumnya terjadi pada saat seseorang yang melakukan aktivitas yang bisa menimbulakn tekanan pada sendi, yaitu:

– Berjalan atau berolahraga di medan yang tidak merata
– Melakukan gerakan berputar pada saat berolahraga, yaitu pada olahraga atletik
– Melakukan pendaratan atau jatuh dari posisi yang salah
– Melakukan teknik latihan yang salah ketika berolahraga

Faktor Risiko Keseleo

Beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko jika terjadinya keseleo, seperti:

– Tidak mempunyai proporsi otot yang baik
– Mempunyai berat badan yang berlebih
– Menggunakan perlengkapan olahraga yang tidak tepat, yaitu sepatu yang telah tidak layak dipakai
– Tidak melakukan peregangan otot atau juga pemanasan sebelum melakukan olahraga
– Memaksa tubuh agar melakukan aktivitas disaat tubuh telah lelah
– Mempunyai riwayat keseleo pada sebelumnya

Gejala Keseleo

Gejala Keseleo yang bisa berbeda-beda untuk setiap penderita, tergantung dari tingkat keparahannya. Akan tetapi dari gejala pada umumnya yang timbul ketika bagian tubuh yang mengalami keseleo yaitu:
– Rasa Nyeri
– Pembengkakan
– Memar
– Mati Rasa
– Kemampuan gerak yang terbatas

Kapan Harus ke Dokter

Keseleo ringan yang biasanya bisa ditangani dengan mandiri dirumah. Meskipun demikian, melakukan pemeriksaan ke dokter bisa saja gejala yang tidak membaik sampai 5-7 hari.

Diagnosis Keseleo

Untuk mendiagnosis keseleo, dokter akan melakukan tanya jawab tentang gejala dan keluhan yang dialami sang penderita, dengan aktivitas yaitu apa yang menyebabkan keluhan yang muncul. Sesudah itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dari bagian yang mengalami keluhan.

Top