You are here
Home > Kesehatan > Cara Alami Atasi Bau Mulut

Cara Alami Atasi Bau Mulut

Bau mulut yang memang sangat mengganggu dan sering sekali mengikis rasa percaya diri, terlebih lagi ketika bicara dihadapan banyak orang. Akan tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar bisa atasi bau mulut dengan cara yang alami.

Bau mulut, atau dari istilah medis yang dikatakan halitosis, yang menjadi kondisi dapat dialami siapa saja. Jarang mengosok gigi atau tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut yang menjadi penyebbab dari bau mulut yang paling sering terjadi.

Penyebab Bau Mulut
Cara Cepat Mengatasi Gigi Ngilu dan Bau Mulut

Jika tidak rutin menggosok gigi setiap harinya bisa membuat serpihan sisa pada makanan akan tertinggal di mulut. Bakteri akan tumbuh di serpihan itu, dan akan mengeluarkan senyawa bau yang tidak sedap yang akan menyebabkan bau mulut.

Ketika terus saja dibiarkan, maka bakteri penyebab dari bau mulut akan berkembang biak dan akan semakin banyak, sampai pada akhirnya akan membentuk plak gigi. Pada saat terjadi, bau akan muncul dapat lebih parah. Maka itu, rutinlah membersihkan gigi akan menjadi peran penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah untuk bau mulut.

Selain dari jarang membersihkan gigi, kurangnya air liur yang dapat mengakibatkan mulut menjadi kering dan bisa menyebabkan bau mulut. Pasalnya ketika air liur yang menjadi peran untuk membersihkan serpihan makanan dan benda asing yang ada di dalam mulut. Bau mulut yang dikarenakan kering biasanya terjadi pada saat kita baru saja bangun tidur, terutama ketika sebelum tidur dengan mulut yang terbuka.

Mengatasi Bau Mulut Menggunakan Bahan Alami

Untuk atasi bau mulut, anda harus rajin menggosok gigi dan menggunakan benang gigi yang berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, karena bau mulut juga dapat dikarenakan karena mulut kering. Anda disarankan untuk cukup mengonsumsi air putih, yaitu minimal 8 gelas per harinya.

Disamping anda menggosok gigi dan minum air putih yang cukup, anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti ini agar dapat mengatasi bau mulut:

1. Susu

Disaat anda mengonsumsi makanan yang berbau tajam, yaitu bawang putih atau merah, anda bisa minum susu sesudahnya. Pada penelitian mengatakan jika susu mempunyai kandungan yang bisa menghilangkan bau mulut yang diakibatkan karena mengonsumsi makanan yang berbau nyengat.

2. Jeruk

Selain mempunyai rasa yang segar, jeruk juga kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan produksi air liur. Dengan dapat meningkatkan air liur, bakteri yang menyebabkan bau mulut yang banyak dibuang dari mulut.

3. Teh Hijau

Teh hijau sudah lama diketahui memiliki kandungan zat yang memiliki sifat antibakteri dan antioksdan, dan telah terbukti bisa mengurangi peradangan.

4. Daun Sirih

Tumbuhan ini sering digunakan untuk obat herbal, dan jika secara tradisional, daun sirih banyak dipakai untuk dikunyah.

Top