You are here
Home > Kesehatan > 5 Manfaat Bunga Telang Ungu untuk Kesehatan dan Kecantikan

5 Manfaat Bunga Telang Ungu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Belum banyak yang mengetahui manfaat dari bunga telang ungu ini. Tanaman yang merambat mempunyai sifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, antimikroorganisme, hingga antidiabetes.

Memiliki segudang sifat yang alami yang bisa menjadikan bunga telang ungu ini dimanfaatkan sebagai kesehatan dan kecantikan. Mulai dari untuk mengatasi diabetes, penyakit syaraf, alzeimer, asma dan kanker hingga mencerahkan kulit wajah secara alami.

Bunga yang memiliki nama lain yaitu Clitoria Ternatea ini sangat cocok anda konsumsi pada bentuk teh, tentu saja untuk dapat merasakan manfaat dari bunga telang ungu yang menjadi tanaman herbal asli dari Asia tropis.

Manfaat dari Bunga Telang Ungu

Diabetes

Manfaat dari bunga telang ungu bagi kesehatan dapat anda gunakan unrtuk mengatasi masalah diabetes. Diabees Mellitus (DM) yang menjadi gangguan metabolik yang biasa ditandai dengan percobaan dari tikus. Dari pemberian ekstrak air bunga telang dengan oral untuk tikus yang bisa menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin. Ini bisa membuat manfaat dari bunga telang ungu bisa meningkatkan insulin serum, otot hati dan juga tulang.

Penyakit saraf

Manfaat dari bunga telang ungu yang bisa mencegah penyakit saraf yang dikarenakan kandungan antioksidannya. Antioksidan pada bunga telang ini dapat menangkal radikal bebas, penghambatan enzim oksidatif,untuk pelekat ion pada logam, dan untuk kofaktor pada enzim antioksidan.

Pada penelitian telah menyatakan, jika ada hubungan diantara radikal bebas dan juga gangguan suasana hati.

Antioksidan yang dapat berfungsi untuk memerangi dari peradangan saraf yang biasa disebabkan karena kerusakan karena radikal bebas. Ini bisa dianggap dari penyebab penyakit neurodegeneratif.

Asma

Manfaat lainnya bunga telang ungu bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat mengatasi masalah asma. Pengobatan ini juga telah banyak diterapkan untuk negara India yang mengalami masalah asma dan juga batuk. Pada rangkaian studi yang sudah dilakukan agar mengonfirmasi kinerja pada bunga telang untuk antiasma dan juga meredakan batuk.

Kerusakan hati

Kendala dalam kerusakan hati memang sangat menakutkan. Untungnya saja jika manfaat bunga telang ungu ini dapat membantu untuk mencegahnya. Aktivitas bunga telang ini bisa mencegah kerusakan hati.

Manfaat bunga telang ungu ini telah dibahas oleh Nithianantham pada Asian Pacific Journal of Tropical Disease. Dari penelitian yang diberikan untuk tikus dari percobaan yang sedang mengalami kerusakan hati.

Kekebalan tubuh

Pada sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat di manfaatkan dari bunga telang ungu. Banyak macam penyakit yang berbahaya yang dapat ditangkal dengan cara yang mudah berkatnya. Mulai dari kenadla flu, batuk, pilek dan infeksi.

Top