You are here
Home > Makanan > Kuliner Ikan Buntal Apakah Beracun?

Kuliner Ikan Buntal Apakah Beracun?

Bagi para pecinta makanan jepang sudah pasti sangat familiar dengan kuliner ikan buntal. Kuliner satu ini memang tergolong ekstrem karena sangat jarang didengar di Indonesia. Rupanya ikan buntal ini pun termasuk makanan beracun dan menurut survei, bahwa racunnya lebih bahaya 1200 kali lipat dibandingkan dengan sianida. Mengolah ikan buntal harus dari chef yang benar – benar profesional, berpengalaman, dengan jam terbang yang tinggi.

Meski beracun, tidak sedikit yang menyukai ikan buntal karena jika diolah dengan benar, maka ikan ini akan menjadi salah satu makanan yang sangat lezat dan juga nikmat. Harga dari ikan buntal pun tergolong sangat mahal sekali. Disini kita akan mendengar cerita dari @catatanbackpacker yang mencicipi salah satu kuliner ekstrem dan luar biasa ini.

Mengolah Ikan Buntal, Chef di Jepang Harus Punya Sertifikasi Khusus Halaman  all - Kompas.com

Udah lama nggak nulis tentang kuliner nih. Dulu sih niatnya mau nulis berurutan, tapi ternyata susah juga jadi mending langsung aja lah. Throwback saat Yud mampir ke Wakatobi nih, nah waktu pas lagi jalan-jalan di Pulau Tomia, Yud diajakin makan sama keluarga angkat Yud disana.

Namanya rezeki, yaudah Yud langsung nyendok aja tuh lapar banget abis jalan-jalan keliling Tomia. Eh pas dibuka wajan, isinya tau apa?

Ikan Buntal Bumbu Kuning. Ikab Buntal tau? Ikan yang sering dimasak chef Jepang itu, kalau yang olahnya salah bisa jadi beracun. Awalnya mau makan ketar ketir juga tuh, salah-salah bahaya malah bikin modar.

Ternyata, ikan inipun ada yang tidak beracun gaes. Katanya yang berduri itu malah yang gak beracun, tapi yang lembek-lembek itu malah berbahaya. Nah lho. Tapi rasanya sih enak, kenyal alot gitu. Kudu cobain sendiri kalau ke Wakatobi! Jadi dimasak dengan bumbu khas orang Timur, dimasak bumbu kuning. Hmmmm sedap!

Hmmm liat bentuk ikannya aja udah males ya, bikin males makan 😂

Lokasi: Tomia, Wakatobi. Kuliner Ikan Buntal Bumbu Kuning.

Apakah kamu tertarik makan ikan buntal? Atau malah takut malah jadi kena racun ikan buntal? Selamat berpikir dan selamat mencoba!

Top