You are here
Home > Kesehatan > DEPRESI

DEPRESI

Depresi saat ini seringkali menjadi alasan utama dan paling besar penyebab orang bunuh diri. Awal mula terjadi depresi adalah stres berat yang tidak berujung dan tidak diobati oleh ahlinya. Ketika depresi muncul, biasa sang pengidap akan terus merasa sedih dan tidak memiliki minat untuk beraktivitas secara normal seperti pada umumnya.

Tanda dan Gejala Depresi

Ternyata ada banyak sekali macam gejala antara stres dan juga depresi. Contohnya adalah susah untuk berkonsentrasi, tidak bersemangat dan selalu merasa sedih. Biasanya gejala awal ketika kita menyadari sedang terkena depresi adalah ditandai dengan suasana hati yang buruk terus menerus selama berminggu-minggu atau bahkan sampai berbulan-bulan.

Ciri – Ciri Orang Mengidap Depresi

Jika melihat sekeliling kita atau bahkan orang terdekat, kita bisa mengetahui apakah orang tersebut baik-baik saja atau bahkan sedang depresi. Ada dua macam ciri-ciri yang dapat kita lihat yaitu dari aspek fisik dan juga psikologi. Adapula ciri-ciri orang yang mengidap depresi antara lain :

Aspek Psikologi

Merasa bersalah dan selalu menyalahkan diri sendiri
Selalu merasa putus asa dan rendah diri
Merasa diri sendiri tidak berharga
Memiliki perasaan cemas dan khawatir yang berlebihan
Suasana hati selalu buruk terus-menerus
Mudah marah dan sangat sensitif
Emosional, contohnya mudah nangis
Sulit untuk berkonsentrasi pada hal yang dikerjakan
Tidak memiliki motivasi dalam segala hal
Percobaan bunuh diri

Aspek Fisik

Merasa lelah dan letih
Tidak memiliki selera makan
Insomnia (Sulit tidur) atau bahkan kebanyakan tidur
Pusing atau nyeri yang terus-terusan
Tidak memiliki gairah seksual
Berat badan naik atau turun drastis

Dari aspek diatas, tidak semua penderita mengalami gejala yang sama. Tingkat ekstremnya bergantung pada keparahan depresi yang dialami oleh masing-masing individu. Depresi bisa diobati dengan cara berkonsulitasi ke psikolog ataupun psikiater. Namun, saat ini banyak sekali yang beranggapan bahwa pergi ke psikolog maupun psikiater berarti orang yang tidak waras. Padahal depresi ini dapat terjadi kepada siapa saja. Jika bertemu dengan orang – orang dengan ciri-ciri diatas lebih baik diberi perhatian lebih agar tidak berujung kepada hal-hal yang tidak diinginkan

Top