You are here
Home > Kesehatan > Penyebab Dan Cara Mengatasi Serangan Jantung Sejak Dini

Penyebab Dan Cara Mengatasi Serangan Jantung Sejak Dini

Penyebab Dan Cara Mengatasi Serangan Jantung Sejak Dini

Banyak orang beranggapan jika serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang orang tua atau lansia, dan anggapan ini memang benar adanya karena sebagian besar orang yang menginjak umur 40 tahunan lebih rentang terkena penyakit ini.

Namun, ada studi yang membuktikan jika serangan jantung saat ini sudah mulai banyak di temukan menyerang para remaja. Tepatnya mereka yang masih menginjak umur 20 sampai 30 tahunan.

1. 1 dari 5 pasien serangan jantung merupakan remaja

Masih dari studi yang sama, satu dari lima pasien serangan jantung yang pernah di rawat masih berusia 20 sampai 30 tahun. Dari tahun  2000 sampai tahun 2016, serangan jantung yang di alami para remaja muda terus meningkat hingga dua persen banyaknya setiap tahun.

2. Rokok menjadi salah satu penyebabnya

Bukan rahasia lagi jika rokok merupakan salah satu sumber masalah kesehatan yang sampai saat ini masih banyak saja orang yang menggunakannya.Seperti yang kita tahu jika rokok menjadi hal paling utama yang bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Bahkan beberapa ahli menyebutkan jika merokok dapat meningkatkan resiko ancaman penyakit serangan jantung sampai tiga kali lipat.

Hal ini bisa terjadi karena asap rokok yang dihirup akan masuk ke saluran pernapasan  dan menyebabkan kerusakan pada lapisan arteri serta terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Saat arteri mengalami penyempitan, jantung akan mengalami kekurangan pasokan darah dan mengalami penurunan kinerja jantung.

3. Faktor lain yang bisa menyebabkan serangan jantung

Bukan hanya merokok, ternyata serangan jantung juga bisa terjadi pada remaja usia muda akibat beberapa faktor lainnya. Mulai dari kadar kolesterol yang tinggi, diabetes, tekanan darah tinggi, serta riwayat penyakit dari sang orang tua atau keluarga.

4. Resiko kematiannya juga sama

Saat sudah mengidap serangan jantung, para remaja muda akan lebih beresiko untuk mengidap penyakit-penyakit lainnya yang menyerang jantung. Meski memiliki usia yang lebih muda dari pasien serangan jantung lainnya, nyatanya mereka juga memiliki resiko kematian yang tidak ada bedanya.

5. Serangan jantung bisa di cegah sedini mungkin

Tidak sedikit orang yang menganggap jika serangan jantung merupakan penyakit yang sudah di takdirkan. Padahal itu tidak lah benar, karena kita bisa melakukan upaya pencegahan sejak dini.

Menghindari kebiasaan merokok,asap rokok, lakukan diet yang sehat, olahraga dengan teratur, serta mengurangi berat badan dengan benar adalah beberapa cara terbaik. Selain itu, melakukan check up yang rutin ke rumah sakit adalah cara yang tepat untuk memantau tingkat tekanan darah dan gula darah.

Top