You are here
Home > Kesehatan > Masalah Kesehatan Yang Bisa Di Tandai Dengan Tumbuhnya Uban

Masalah Kesehatan Yang Bisa Di Tandai Dengan Tumbuhnya Uban

Masalah Kesehatan Yang Bisa Di Tandai Dengan Tumbuhnya Uban

Tanda terjadinya penuaan yang paling mudah terlihat ialah uban atau rambut putih. Banyak yang beranggapan bahwa rambut putih dalam jumlah yang banyak pada kepala seseorang mencerminkan beta tua usia orang tersebut. Anggapan ini tidak bisa di salahkan juga, sebab seiring bertambahnya usia seseorang maka produksi pigmen rambut akan ikut menurun.

Tapi kenyataannya, rambut putih yang tumbuh bukan hanya di sebabkan oleh bertambahnya usia seseorang. Ada juga beberapa faktor kesehatan yang menimbulkan rambut putih bisa tumbuh. Inilah penyebab mengapa seseorang yang masih memiliki usia muda sudah memiliki cukup banyak uban di kepalanya.

Masalah kesehatan yang mempengaruhi pertumbuhan rambut putih cukup banyak, berikut ini ada beberapa contoh masalah kesehatan yang dapat menimbulkan pertumbuhan  uban.

1. Bersangkutan dengan penyakit jantung

Nyatanya rambut putih juga memiliki keterkaitan dengan sistem imun tubuh seseorang yang lemah dan rentang terkena penyakit jantung. Sebuah studi mengungkapkan bahwa, jumlah rambut putih yang banyak memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk terkena penyakit jantung. Hal ini banyak terjadi pada laki-laki.

Orang yang memiliki rambut putih dalam jumlah yang banyak memiliki resiko lebih besar terkena penyakit jantung. Rambut putih ini banyak berkaitan dengan penyakit jantung koroner dan pengerasan pembuluh darah.

2. Stres

Stres adalah faktor paling utama seseorang menua lebih cepat, dan hal ini lah yang membuat rambut menjadi putih akibat penuaan yang terjadi. Ini bisa terjadi akibat sel melanosit yang berperan sebagai pewarna rambut akan menurun saat tubuh merasa dalam tekanan. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan bahwa hal ini bisa terjadi secara permanen.

3. Melemahnya sistem imun

Warna rambut di susun oleh sel batang melanosit, sel ini memiliki kandungan pigmen yang memberikan warna pada rambut. Sel ini juga bekerja di bawah kontrol protein yang bernama MITF.

Dikutip dari sebuah laman yang di terbitkan pada tahun 2019 menyebutkan bahwa nutrisi itu akan terus berkurang dalam jumlah yang drastis saat imun tubuh sedang melemah atau sedang bekerja keras untuk melawan penyakit lainnya. Ini menjadi salah satu alasan kenapa seseorang yang memiliki riwayat penyakit kronis akan memiliki lebih banyak rambut putih.

Top