You are here
Home > Kesehatan > Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

Otak merupakan orang tubuh yang memegang peran paling banyak dalam tubuh. Otak tidak hanya menjaga fungsi kerja tubuh, organ penting ini juga memegang peran dalam menjaga kesehatan mental seseorang.

Kesehatan otak yang buruk tentu saja akan memberikan dampak yang sangat berarti bagi kesehatan tubuh dan mental. Selain dari asupan makanan, menjaga kesehatan otak juga bisa di lakukan dengan banyak hal.

Agar kesehatan otak kita tidak terganggu, ada baiknya jika kita mengetahui faktor dan hal apa saja yang bisa merusak otak kita. Berikut ini sudah kami rangkul untuk kamu beberapa faktor penyebab otak menjadi rusak yang wajib kamu hindari.

1. Malas olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang paling baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, maka aliran darah dalam tubuh akan mengalir lebih lancar dan mengangkut lebih banyak oksigen ke otak. Dilansir dari sebuah situs kesehatan, otak manusia akan mengalami penyusutan sebanyak lima persen setiap sepuluh tahun dan hal ini tentu saja bisa di cegah dengan melakukan olahraga. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga akan memberikan otak kamu kemampuan untuk mengingat lebih baik lagi.

Jadi sebaiknya hilangkan kemalasan kamu dan mulai berolahraga.

2. Merokok

Merokok sudah pasti menjadi kegiatan yang paling buruk bagi kesehatan tubuh. Nikotin dalam rokok yang kamu hisap akan memberikan dampak yang sangat buruk untuk kesehatan tubuh dan otak kamu, nikotin dapat membuat korteks dalam otak kamu semakin menipis.

Penelitian yang tercatat dalam sebuah situs kesehatan mengungkapkan bahwa, korteks seseorang yang sering merokok jauh lebih tipis ketimbang mereka yang tidak merokok. Padahal, korteks yang ada dalam otak adalah bagian otak yang memproses daya ingat, persepsi, dan juga bahasa.

3. Minum alkohol

Konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang banyak tentu saja tidak akan baik untuk kesehatan, bahkan dapat merusak otak. Minum banyak alkohol dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi dan kerusakan fungsi kerja jantung. Masalah kesehatan ini tentu saja berkaitan dengan aliran darah dalam tubuh yang tidak baik, aliran darah yang tidak baik tentu saja akan berakibat fatal bagi otak akibat oksigen yang di angkut dalam darah tidak lancar menuju ke otak.

Top