You are here
Home > Kesehatan > Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

Ini Makanan Dan Minuman Yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

Saat ini banyak dari kita yang kurang memperhatikan kesehatan mulut dan gigi. Merawat kesehatan mulut dan gigi bukan hanya dari menggosok gigi dua kali sehari, tetapi pola makan juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan mulut dan gigi. Nah, apakah kamu juga tahu bahwa ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi kamu?

Makan dan minuman dibawah ini bukan hanya enak, namun bisa juga membantu menyehatkan mulut dan gigi kamu setiap saat. Yuk, simak daftarnya di bawah ini.

1. Air

Air sudah di kenal lama memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh, namun tidak banyak yang tahu jika air juga sangat membantu dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Air yang di minum berfungsi sama seperti air liur, yang di mana air akan membersihkan sisa-sisa makanan, zat asam, dan gula yang masih menempel pada gigi. Dalam air juga bisa di temukan kandungan Floruride yang bisa mencegah terjadinya erosi gigi, Flouride sendiri biasanya akan sangat mudah di temukan pada air yang berasal dari pegunungan atau pun air kemasan.

2. Permen karet tanpa gula

Di kutip dari situs kesehatan, permen karet yang tidak ada kandungan gulanya akan sangat membantu dalam membersihkan gigi serta merangsang produksi saliva dan air liur. Air liur yang di produksi berfungsi untuk membersihkan zat asam yang di produksi oleh bakteri dalam mulut. Selain itu, air liur juga membasahi gigi dan melindungi gigi dengan kalsium dan fosfat yang terkandung dalam liur untuk memperkuat tulang dan gigi.

3. Produk olahan susu

Susu segar maupun yang sudah di olah menjadi produk olahan susu merupakan sumber kalsium terbaik untuk menjaga kesehatan gigi. Kalsium sendiri merupakan mineral yang paling berpengaruh pada kesehatan tulang dan gigi. Meski gigi bukanlah tulang, gigi dan tulang masih memiliki kesamaan yang saling berkaitan.

Produk olahan dari susu seperti keju memiliki kandungan kasein, merupakan salah satu jenis protein. Kasein dan kalsium jika di gabungkan akan memberikan dampak yang baik bagi gigi karena bisa menjaga  enamel gigi.

Top