You are here
Home > Kesehatan > 3 Penyakit Ini Bisa Menyulitkan Seseorang Untuk Menambah Berat Badan

3 Penyakit Ini Bisa Menyulitkan Seseorang Untuk Menambah Berat Badan

3 Penyakit Ini Bisa Menyulitkan Seseorang Untuk Menambah Berat Badan

Menurunkan berat badan adalah topik yang paling sering terdengar di dunia kebugaran dan kesehatan. Meski ada banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan mereka, di sisi sebaliknya juga tidak sedikit yang berupaya untuk menaikkan berat badan mereka.

Genetik memang menjadi hal yang tidak bisa kita elak dalam menentukan bentuk tubuh, salah satunya orang dengan genetik yang membuat dirinya langsing. Tapi, kesulitan dalam menambah berat badan seseorang juga bisa dipengaruhi oleh beberapa kondisi medis tertentu.

Berikut ini ada beberapa penyakit atau kondisi medis yang menyebabkan seseorang sulit menambah berat badan mereka.

1. Diabetes tipe 1

Tubuh seseorang yang memiliki diabetes tipe 1 akan merusak sel-sel yang ada di pankreas yang di mana sel-sel ini bertanggung jawab dalam produksi insulin dalam tubuh. Insulin itu sendiri berperan penting dalam metabolisme glukosa.

Ketika kondisi satu ini sudah tidak bisa di kontrol lagi, tubuh akan mengalami peningkatan kadar glukosa dalam darah, lalu di buang bersamaan dengan urin. Hal ini tentu saja mempengaruhi penurunan berat badan secara signifikan.

2. Hipertiroidisme

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif juga bisa menjadi salah satu sebab seseorang sulit untuk gemuk. Hormon tiroid dalam tubuh yang terlalu aktif bisa menyebabkan metabolisme bekerja lebih keras dan menyebabkan seseorang mudah kehilangan berat badan.

Gejala yang paling mudah terlihat dari pasien hipertiroidisme adalah gugup, mudah marah, kelemahan otot, kelelahan, gangguan tidur, detak jantung tidak teratur, tangan gemetar, perubahan suasana hati, dan diare.

3. Radang usus

Radang usus ialah istilah untuk sejumlah kondisi kesehatan usus yang di tandai dengan peradangan, mulai dari kolitis ulserativa hingga crohn. Terjadinya radang usus akan berpengaruh buruk pada seseorang yang berusaha mempertahankan berat badan.

Masalah satu ini akan membuat individu membatasi jumlah makanan mereka dan jenis makanan yang di konsumsi. Radang usus yang di alami orang tersebut juga bisa menimbulkan diare hebat, yang mengakibatkan terjadinya penurunan berat badan.

Nah, itulah 3 penyakit yang mungkin membuat kamu sulit untuk menambah berat badan.

Top